cara membuat yogurt

Cara Membuat Yogurt dengan Beberapa Langkah Mudah

Kini minuman fermentasi sudah banyak yang berbentuk produk instan dan dijual di supermarket. Di antaranya ada yogurt serta yakult. Jangan khawatir bila barang pada supermarket tidak sesuai harapanmu, karena Anda dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti tutorial cara membuat yogurt.

Apa itu Yogurt?

Yogurt adalah sebuah minuman dari hasil fermentasi susu. Pada prosesnya menggunakan bakteri lactobacillius bulgarius yang kemudian menghasilkan asam laktat dan asam asetat sehingga membuat cita rasa asam natural. Selain bahan tersebut, bisa juga ditambahkan perisa buah agar memiliki banyak varian lainnya.

Minuman fermentasi ini sangat cocok dengan selera orang barat. Namun cita rasa asam yang kuat, membuat yogurt tidak menjadi kesukaan orang indonesia. Hal tersebut dapat dilihat melalui masakan nusantara, kebanyakan memiliki hasil makanan pedas dan manis.

Dalam pembuatannya, ada dua cara berdasarkan bahan dasarnya yaitu menggunakan susu cair murni ataupun kemasan dan susu bubuk. Namun yang terpenting ialah Anda membutuhkan bakteri lactobacillius bulgarius sebagai organisme pembantu fermentasinya.

Jangan risau karena tidak mengetahui cara pembuatannya. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana tahapan untuk membuat minuman fermentasi tersebut. Berikut rangkuman dari tahap-tahap memproduksi yogurt sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di dapat.

Cara Membuat Yogurt Plain dari Susu Murni

Membuat minuman fermentasi versi plain sangatlah mudah. Anda hanya membutuhkan susu murni sebanyak 1liter dan 2 sdm bibit yogurt sebagai bahan dasarnya. Untuk alatnya, diperlukan panci, spatula, wadah tertutup, serta kain serbet. Ikutilah tahapan pembuatannya pada tutorial di bawah ini:

1. Panaskan Susu Murni

Cara pertama yang harus dilakukan ialah memanaskan susu murni. Jika Anda tidak memilikinya, bisa diganti dengan susu kemasan 1liter. Pada tahap ini, panaskanlah menggunakan api kecil selama kurang lebih 30 menit dan harus sembari diaduk agar protein pada calon yogurt tidak rusak.

Setelah 30 menit saat pemanasan, angkatlah dan diamkan hingga suhu susu menjadi hangat kuku. Lebih baik lakukan proses ini di dalam ruangan, jangan masukkan ke kulkas. Setidaknya Anda bisa menunggu sekitar 15 hingga 30 menit.

2. Masukkan bibit yogurt

Ketika susu sudah menjadi lebih dingin setelah dipanaskan, sekarang waktunya untuk memasukkan bibit yogurt ke dalam adonan. Kemudian aduklah hingga rata dan gunakan alat pengaduk steril. Anda bisa menggunakan spatula yang sudah disterilkan menggunakan air panas.

3. Masukkan ke Dalam Wadah Baru

Jika susu dan bibit yogurt sudah tercampur secara sempurna, pindahkanlah adonan tersebut ke dalam wadah yang baru dan jangan lupa untuk ditutup dengan rapat. Bungkuslah tempat penyimpanannya menggunakan serbet atau kain lap agar menciptakan kondisi gelap di dalamnya.

Kondisi gelap yang diciptakan dari penutupan kotak penyimpanan merupakan syarat, supaya bakteri lactobacillius bulgarius melakukan kegiatan fermentasinya dan menghasilkan asam pada yogurt. Bungkuslah wadah selama 20 – 24 jam atau bisa lebih sesuai keinginan Anda.

4. Cek Hasil Fermentasi

Setelah didiamkan sekitar 24 jam, ceklah hasil fermentasi tersebut. Di atas adonan akan muncul lapisan baru dengan warna kekuningan. Apabila dirasa kurang kental atau tidak terlalu asam, diamkan lagi selama yang Anda inginkan. Mungkin bisa sehari atau hanya beberapa jam saja.

5. Aduk Adonan

Bila kekentalan dan rasanya sudah pas, aduklah adonan menggunakan spatula steril hingga rata. Pastikan lapisan yang baru terbuat tercampur dengan adonan di bawahnya secara maksimal. Sebelum menyajikan, sisihkan satu cup sebagai bahan biang untuk pembuatan yogurt selanjutnya.

6. Yogurt Siap Dinikmati

Setelah melalui cara membuat yogurt yang mudah seperti di atas, kini Anda sudah bisa merasakan hasilnya. Apakah sesuai ekspektasi? Setidaknya bahan-bahan di dalamnya dapat dipercayai jika dibandingkan dengan produk dari supermarket.

Tujuh langkah barusan merupakan cara pembuatan yogurt plain. Anda dapat membuat minuman fermentasi tersebut dengan modal susu bubuk. Ingin tau bagaimana tahapannya? Simak tutorialnya di bawah ini.

Baca Juga: Mengkonsumsi Yogurt? ini manfaatnya buat tubuh

: Agen resmi my healthy yoghurt

Cara Membuat Yogurt dari Susu Bubuk

Cara Membuat Yogurt dari Susu Bubuk

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pembuatan yogurt dapat dilakukan menggunakan susu bubuk. Namun Anda juga tetap membutuhkan versi plainnya dari pembuatan minuman fermentasi pertama. Jadi pada tutorial kali ini memiliki tahapan yang hampir sama, berikut cara-cara lebih lengkapnya:

1. Larutkan Susu Bubuk

Cara pertama dalam pembuatan yogurt kali ini ialah, Anda harus melarutkan susu bubuk sebanyak 12 sendok dengan 4 gelas air matang. Pastikan adonan tercampur rata di dalam panci dan tentunya menggunakan spatula yang telah disterilkan menggunakan siraman air panas.

Sedikit tips pada langkah pertama yaitu cobalah melarutkan 3 sendok susu bubuk dengan 1 gelas air matang untuk mendapatkan hasil larutan yang rata. Lakukan cara ini hingga semua bahan tercampur di dalam panci.

2. Panaskan Larutan Susu

Setelah memastikan adonan tersebut tercampur dengan rata, panaskanlah menggunakan api kecil di atas kompor. Lakukan langkah ini selama 2 hingga 3 menit. Perhatikan adonan, apabila sudah mulai muncul bintik-bintik putih di atasnya, maka itu menandakan bahwa adonan sudah cukup panas.

3. Matikan Api dan Dinginkan Adonan

Ketika proses pemanasan susu sudah selesai, pindahkan adonan pada tempat lain yang memiliki tutup. Diamkan di dalam suhu ruangan hingga tidak ada lagi uap pada tutupnya.

4. Tuang Yogurt Plain ke Dalam Adonan

Setelah adonan sebelumnya mulai dingin, campurkanlah yogurt plain yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam adonan. Aduk campuran tersebut hingga menjadi rata dan jangan lupa untuk mengaduknya menggunakan alat steril. Misalnya seperti spatula, sterilkan terlebih dahulu dengan air panas.

5. Tutup Wadah dan Lapisi dengan Kain

Setelah adonan tercampur rata dengan yogurt plain, tutuplah wadah secara rapat. Pastikan tidak ada udara yang bisa masuk ke dalamnya. Lapisilah tepat penyimpanan tersebut menggunakan kain lap untuk menghalangi terpapar oleh sinar.

Wadah harus dilapisi dengan kain agar keadaan di dalamnya gelap, tidak terkena oleh sinar apapun. Hal ini merupakan syarat agar bakteri dari yogurt plain dapat berkembang biak dan membuat cita rasa asam pada keseluruhan adonan susu yang ada.

6. Diamkan Selama 10 Jam atau Lebih

Setelah Anda memastikan bahwa tidak ada lagi sinar masuk menerangi wadah, letakkan tempat penyimpanan yogurt tersebut di sudut tuangan dengan suhu yang stabil. Diamkan di sana selama kira-kira 10 jam. Jika menginginkannya, durasi untuk mendiamkan adonan bisa ditambah sesuai selera.

7. Yogurt Sudah Bisa Dinikmati

Setelah didiamkan selama waktu yang telah ditentukan, kini yogurt buatan Anda sudah bisa dinikmati. Dapat ditambahkan sirup atau buah-buahan untuk menambah kelezatan rasa saat mengonsumsinya. Jangan lupa untuk menyimpan minuman fermentasi ini di dalam kulkas agar bakteri tidak mati

Demikian tutorial cara membuat yogurt yang sangat mudah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk ikut memproduksi minuman hasil fermentasi ini di rumah.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: