Yogurt dan Khasiatnya

Yogurt dibuat dari susu yang sudah melalui proses fermentasi bakteri. Sebagian besar yang digunakan adalah susu sapi. meskipun sebenarnya bisa juga diolah dari sari kacang kedelai. Asam laktat dihasilkan dari fermentasi gula susu. Asam ini mempunyai peran di dalam protein susu, sehingga teksturnya mirip gel.

Tektur makanan ini lembut, dan kental. Rasanya asam tapi lezat, dan memiliki aroma khas. Sekarang ini sangat banyak merek makanan ini. Agar lebih disesuaikan dengan selera tersedia aneka rasa, seperti rasa vanila, rasa coklet, rasa strawberi, rasa anggur, dan sebagainya.

Manfaat Luar Biasa dari Yogurt

Tidak hanya memberikan sensasi rasa yang unik, tapi juga sekaligus memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Itulah kenapa para ahli gizi sangat merekomendasikan makanan ini dikonsumsi setiap hari. Nah, apa saja manfaat yang diberikan oleh yogurt?

  • Memelihara kesehatan tulang. Vitamin D dan Kalsium banyak terkandung di dalam makanan ini. Sehingga sangat membantu dalam menjaga kesehatan tulang. Tulang menjadi makin padat dan kuat. Dengan begitu, ancaman penyakit tulang semisal osteoporosis.
  • Diperkaya bakteri baik. Makanan ini mengandung probiotik yang bisa bertahan hidup di sistem pencernaan. Fungsi probiotik adalah membunuh mikroorganisme jahat. Sehingga kerusakan usus, dan organ pencernaan lainnya dapat dicegah. Sistem pencernaan pun berfungsi dengan optimal. Sekaligus meningkatkan kekuatan sistem imunitas.
  • Gampang dicerna. Makanan ini lebih gampang dicerna daripada susu. Bagi orang yang intoleransi laktosa dikarenakan alergi bisa menikmati dan memperoleh manfaat dari makanan ini.
  • Baik bagi penderita hiptertensi. Kalium juga terkandung di dalam makanan ini. Manfaatnya adlah untuk menstabilkan tekanan darah. Karena itu, penderita hipertensi sangat dianjurkan mengonsumsinya.
  • Menjaga kesehatan usus. Berbagai permasalahan usus bisa dicegah, seperti penyakit usus, kanker usus besar, diare, dan konstipasi.
  • Meningkatkan imunitas tubuh. Bila dikonsumsi rutin setiap hari, terbukti sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotiknya sekaligus merangsang sel darah untih, guna menekan risiko infeksi pada sirkulasi darah.

manfaat yogurt yang dilirik para wanita

  • Memelihara kesehatan kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Sehingga kulit wajah semakin sehat, nampak mulus dan bersih. Hal itu karena kandungan asam laktak di dalamnya, yang berfungsi sebagai exfoliator. Sehingga mampu singkirkan sel-sel kulit mati.
  • Kaya ragam vitamin. Riboflavin, yodium, seng, vitamin B5, fosfor, dan kalium adalah sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam makanan sehat ini. Vitamin B12 juga terkandung di dalamnya. Fungsi senyawa ini adalah meningkatkan kinerja sistem saraf, dan memelihara sel-sel darah merah.
  • Menekan infeksi jamur. Infeksi jamur di dalam organ intim wanita dapat dicegah, dengan mengonsumsinya secara rutin.
  • Mencegah serangan flu. Sel T jadi lebih aktif dan lebih kuat, sehingga membantu sel imunitas tubuh mengatasi beragam infeksi. Inilah kenapa tubuh menjadi lebih kurat dari serangan virus flu.
  • Menjaga berat badan tetap ideal. Yogurt mengandung kalsium, yang membantu meluruhkan timbunan lemak di dalam tubuh. Sehingga sangat membantu tubuh lebih langsing. Hal itu sudah pernah dibuktikan oleh International Journal of Obesity pada 2005 silam. Jadi makanan ini wajib dikonsumsi kalau ingin memiliki tubuh ramping dan sehat.

Cermat Saat Memilih Produk Yogurt

Penting untuk selektif dalam memilih produk yogurt. Supaya Anda bisa merasakan manfaatnya lebih optimal. Nah, apa saja yang harus senantiasa diperhatikan?

  • Kandungan Kalsium. Ciri khas makanan sehat ini adalah kaya akan kalsium. Setiap merek menawarkan kandungan berbeda, mulai dari 15%-45%. Tentunya pilihan yang terbaik, yang memiliki kadar kalsium tertinggi.
  • Cek kadar gula. Tidak hanya mengandung gula pasir, biasanya terdapat pemanis lainnya, seperti laktosa (gula di dalam susu), dan fruktosa (gula di dalam buah).
  • Ketahui Kadar lemak. Produk fermentasi susu rendah lemak dianggap sebagai makanan sehat. Sayangnya, belum tentu rendah kalori juga. Produk non fat belum tentu rendah gula. Karena itu pilihlah yang rendah gula. Bisa juga yang pemanisnya berasal dari buah-buahan asli. Alternatif lain bisa membeli yogurt rasa tawar, Anda bisa menambahkan pemanis sendiri dengan madu.

Produk yogurt semakin mudah ditemukan di pasaran. Karena semakin banyak orang yang mengonsumsinya. Mereka sudah mengerti manfaat yang didapatkan dari makanan fermentasi susu ini. Nah, bagaimana dengan Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *