Yoghurt Menjadi Makanan Wajib setiap hari

Posted on Posted in bisnis

yoghurtYoghurt adalah salah satu makanan favorit saat ini, dimana penganan ini sudah dikenal masyarakat umum sebagai konsumsi wajib. Mengandung banyak kalsium membuat penganan ini digemari tidak hanya anak-anak melainkan juga orang dewasa, dengan rasa buah yang menyegarkan yoghurt sangat banyak manfaatnya. Terutama untuk yang sedang menerapkan program diet, karena yang kita tahu yoghurt sangat baik untuk usus khususnya pencernaan

Sumber Bakteri Baik

Yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman yang meningkat membuat protein susu untuk menjadi padat. penigkatan keasaman (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial. Di Indonesia sendiri yoghurt produk harus berisi bakteri Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.

Kaya Akan Manfaat

Pada kebanyakan negara, produk mungkin disebut yoghurt hanya jika bakteri hidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi, yang tidak punya bakteri hidup, disebut susu fermentasi (minuman). Yoghurt yang telah dipasteurisasi memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak membutuhkan kulkas. Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yogurt memiliki lemak setara dengan susu yang menjadi bahannya. Yogurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu karena struktur laktosa yogurt telah dirusak oleh bakteri. Yogurt juga kaya dengan vitamin B.

Sejumlah ahli mengatakan beberapa manfaat dapat dipetik dari yoghurt jika kita mulai mengkonsumsinya secara teratur:

1. “Membersihkan” usus

Bakteri asam laktat yang terdapat dalam yogurt di usus besar mampu menyerap zat mutagenik dari makanan, sehingga secara tak langsung dapat “membersihkan” usus. Dengan minum atau makan yoghurt secara teratur akan membantu mencegah kanker usus. Apalagi yogurt juga menghasilkan zat-zat yang diperlukan oleh hati sehingga berguna untuk pencegahan penyakit kanker. Selain itu, bakteri L. Bulgaricus juga memiliki efek antitumor dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap tumor.

2. Sebagai antibiotik

Ada zat bermanfaat yang dihasilkan oleh bakteri L. Bulgaricus, disebut bulgarikan. Zat ini berfungsi sebagai antibiotik spesifik yang hanya membersihkan mikroorganisme yang merugikan saja. Bakteri “jahat” yang dihambat antara lain Staphylococcus aureusShigella dysentriae (penyebab disentri), Salmonella typhii (penyebab tipus), Clostridium botulinum (penyebab botulinum, yaitu keracunan makanan kaleng), juga mencegah sembelit. Umumnya sehabis menjalani pengobatan dengan antibiotik, dokter menganjurkan pasien minum yoghurt. Tujuannya untuk memulihkan keseimbangan mikroflora usus.

3. Mencegah osteoporosis

Yoghurt berbahan dasar susu, sehingga mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

4. Menurunkan kolesterol

Yoghurt terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena di dalamnya terkandung zat antikolesterol yang mampu menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol. Ditambah lagi kolesterol yang terbentuk juga diserap oleh pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus dan bakteri Bifidobakterium bifidum. Penyerapan ini terjadi di usus kecil dan membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

5. Masker

Sejak berabad silam wanita Persia menggunakan yoghurt untuk masker yang bermanfaat mengurangi dan menghilangkan keriput. Sampai saat ini pun manfaat ini masih bisa dirasakan. Caranya: sediakan 1/2 gelas yogurt tawar dan 5 tetes air jeruk lemon. Campur kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada wajah, biarkan selama beberapa saat sampai masker mengering dan kulit terasa kencang. Setelah itu bersihkan wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk bersih. Masker yogurt juga dipercaya menghilangkan noda hitam di wajah.

6. Nutrisi untuk diet

Kandungan gizi yoghurt sangat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan susu segar. Dalam yogurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, kalsium dan potasium lebih tinggi dibandingkan susu segar, tapi kandungan lemaknya lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet rendah kalori.

7. Mengurangi resiko terjadinya infeksi pada vagina

Wanita yang mengkonsumsi yogurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur pada daerah vagina.

8. Yogurt juga dapat membantu proses penyembuhan lambung dan usus yang luka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *