Peluang Usaha Bisnis Yoghurt Menjanjikan

peluang usaha bisnis yoghurt

Peluang usaha bisnis Yoghurt di Indonesia terus meningkat. Dari segi rasa, jenis olahan susu yang satu ini memang memiliki rasa yang cukup asam. Namun, karena alasan kesehatan banyak orang yang semakin terbiasa dengan rasanya, sehingga pasar untuk bisnis yoghurt pun semakin terbentuk. Tentu bukan rahasia lagi bila yogurt memiliki banyak manfaat kesehatan seperti melancarkan sistem pencernaan. Adapun berikut ini adalah 2 hal yang membuat peluang usaha bisnis yoghurt semakin menjanjikan, diantaranya yaitu:

Meningkatnya Tren Pola Hidup Sehat

Salah satu ciri dari negara berkembang adalah masyarakatnya yang masih memikirkan cara bertahan hidup dibandingkan dengan kualitas hidup itu sendiri. Walaupun Indonesia masih dikatakan sebagai negara berkembang, namun perlahan tapi pasti tren peningkatan kualitas hidup di Indonesia terus meningkat. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan masyarakat Indonesia, khususnya di daerah perkotaan yang mulai menggiatkan gaya hidup sehat. Masyarakat mulai mengatur pola makan, pola kerja, dan rutin melakukan olahraga yang mendukung gaya hidup sehat.

Pada tahun 2016 lalu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) telah mengumumkan meningkatnya penyakit tidak menular di Indonesia yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat. Melihat Peluang usaha bisnis Yoghurt di Indonesia terus meningkat., Kemenkes pun berupaya untuk meningkatkan kesadaran pola hidup sehat di masyarakat. Dapat kita perhatikan bahwa saat ini pola hidup sehat menjadi lebih banyak diulas dan diperbincangkan. Tentu wacana yang dimunculkan ini harus dibarengi dengan solusi. Beruntungnya, Yoghurt dapat dikatakan sebagai salah satu olahan susu yang sangat menyehatkan. Salah satunya untuk kesehatan sistem pencernaan. Kandungan dalam yoghurt membantu Anda memiliki sistem pencernaan sehat. Singkatnya yoghurt dapat diikutsertakan sebagai solusi hidup sehat agar mampu menekan penyebaran penyakit tidak menular di tanah air.

Sehingga, ketika mengomunikasikan mengenai mengonsumsi makanan sehat, produk Yoghurt memiliki ruang yang sangat luas untuk bereksplorasi. Sebab, citra makanan sehat sudah sangat melekat pada produk yoghurt, terutama untuk menurunkan obesitas atau kegemukan. Masyarakat pun lebih mudah menerima alternatif yoghurt karena dari segi rasa cukup nikmat dan kini malah banyak varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Benar saja, yoghurt dewasa ini bukan lagi olahan susu yang berasam masam. Banyak varian rasa yang dihadirkan dalam produk yoghurt, seperti rasa buah segar. Dimana varian rasa buah tersebut memberikan pilihan rasa yang bisa dipilih sesuai rasa favorit Anda. Dalam kondisi dingin, yoghurt pun enak dimakan saat cuaca panas.

Meningkatnya Kelas Menengah di Indonesia

Yoghurt dapat dikategorikan sebagai salah satu makanan sehat yang cukup mahal. Hal ini cukup wajar mengingat proses pengolahan yoghurt yang tidak bisa dilakukan sembarang. Dibutuhkan peralatan canggih mumpuni untuk mendapat hasil olahan susu bermutu tinggi. Selain itu, produk yoghurt berkualitas juga hanya bisa didapat dari bahan utama seperti susu yang bagus.

Dibandingkan dengan makanan empat sehat lima sempurna yang biasa dikenal oleh masyarakat Indonesia kelas menengah ke bawah, yoghurt termasuk ke dalam makanan yang bersifat tersier. Sehingga, baru akan dapat dibeli ketika kebutuhan makan lainnya telah terpenuhi. Namun, bila mempertimbangkan manfaat kesehatan yang bisa didapat dari yoghurt tentu tidak salah bila mulai dari sekarang memasukkan yoghurt sebagai bagian dari kebutuhan. Pasalnya menjaga kesehatan sendiri merupakan investasi yang bagus untuk masa depan. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sehingga tentu tidak salah bila memanjakan diri memenuhi kebutuhan kesehatan dengan rutin mengonsumsi yoghurt yang menyehatkan.

Dengan alasan-alasan tersebut di atas tidak heran bila pasar yoghurt saat ini masih didominasi oleh kelas menengah ke atas. Walaupun begitu, berdasarkan informasi dari World Bank pada tahun 2017, tingkat kemiskinan di Indonesia telah menurun signifikan selama dua dekade. Membuat sekitar 45% dari penduduk di Indonesia saat ini berada pada kelas menengah. Tren ini diperkirakan akan terus meningkat. Terlebih dengan adanya dukungan dari banyak pihak yang makin giat menyerukan gaya hidup sehat. Seiring dengan hal itu, maka kesejahteraan masyarakat di Indonesia pun akan meningkat dan memberikan peluang usaha bisnis yoghurt yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *